Tingkatkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, LPPM UNU Blitar Jalin Kerjasama dengan GP Ansor Kota Blitar dan Kabupaten Blitar

Blitar adalah wilayah yang kaya dan lengkap baik ditinjau dari sisi alamnya maupun sejarahnya. Dalam menggali potensi yang ada di blitar perlu adanya sinergi yang baik dari berbagai pihak. Hal ini dijawab oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dengan menjalin Kerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor cabang kota dan kabupaten Blitar, Sabtu (29/5/2021).

Kerjasama ini dilakukan mencakup bidang Pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan budaya.  Di bidang Pendidikan Kerjasama dijalin untuk memenuhi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang meliputi kegiatan pembelajaran di luar Program Studi di dalam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Di bidang ekonomi Kerjasama dilakukan untuk mengembangkan program-program kewirausahaan yang dapat mengembangkan keterampilan berwirausaha. Sedangkan di bidang sosial terkait kepedulian sesama yang bertujuan kemanusiaan. Dan di bidang politik terkait membangun iklim politik yang demokratis. Sedangkan di bidang budaya terkait pelestarian budaya islam di Indonesia. Secara terpadu merencanakan, melaksanakan, menilai, mengembangkan setiap usaha untuk mencapai tujuan kesepakatan bersama ini. Mewujudkan setiap kemungkinan bentuk kerjasama dalam menyediakan dan mendayagunakan sarana prasarana dan tenaga dalam batas-batas kemampuan masing-masing pihak.

Pertemuaan yang dihadiri oleh pengurus LPPM dan pengurus Gerakan pemuda ansor baik kota maupun kabupaten ini disambut baik oleh kedua belah pihak. Ketua LPPM, Dr. Dimyati Huda mengharapkan bahwa pertemuan ini bisa membawa hasil yang baik. Beliau menyampaikan bahwa cikal bakal banser adalah dari Blitar. Salah satu pendirinya adalah Bapak Mohammad Zainuddin Kayubi yang berasal dari Blitar. Sehingga sudah sepatutnya bila di Blitar nanti didirikan semacam museum untuk mengenang jasa pendahulunya.

Sahabat Hermawan selaku Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Blitar dan sahabat Bastowi Alwi selaku Ketua Cabang GP Ansor Kota Blitar menyambut baik apa yang telah disampaikan oleh ketua LPPM UNU Blitar. Mereka berharap Kerjasama ini tidak hanya tertulis di kertas, tetapi juga ada tindak lanjut dan berkelanjutan agar UNU Blitar dan Gerakan Pemuda Ansor bisa bermanfaat lebih bagi masyarakat. Kerjasama ini di tutup dengan penandatangan MoU dan penyerahan cinderamata lalu foto Bersama.

Kontributor: Ahmad Saifudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.