Profil Prodi

Home » Profil Prodi

Selamat datang di halaman web Program Studi S1 Fisika, FIE Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Suatu penghargaan bagi kami, atas kunjungan Anda di halaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang, menuntut peran para ilmuwan dan peneliti untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademisi yang memadai. Kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karya ilmiah bereputasi nasional  didukung sumber daya manusia (SDM) unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai.

Program Studi Fisika berdiri bersama-sama dengan berdirinya Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar pada tahun 2016. Rintisan FIE dimulai sejak tahun 2016 dengan idukung oleh staf dosen berlatar pendidikan MIPA yang ditempatkan di Fakultas Ilmu Eksakta. Cikal bakal FIE adalah Program Studi Fisika, Matematika, Peternakan, Ilmu Komputer, Teknik Mesin dan Teknik Sipil yang didirikan berdasarkan SK KEMENRISTEKDIKTI, tertanggal 31 Agustus 2016, Nomor 302/KPT/I/2016. Kinerja Prodi semakin ditingkatkan untuk semakin baik, maka pada tahun 2019 Program Studi Fisika mendapat status Terakreditasi c (Surat Keputusan BANPT No3693/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019) dan telah melakukan reakreditasi pada tahun 2021 (SK BANPT No. 2303/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IV/2022) masih mendapatkan status akreditasi BAIK.           

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar telah melaksanakan kerjasama dengan bebagai pihak yang mendukung perkembangan prodi fisika baik untuk penelitian dan pengabdian. Pendirian Program Studi S1 Fisika akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Harapan ke depan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta berperan dalam penelitian, pengembangan teknologi yang bermanfaat pada berbagai bidang pengetahuan khususnya Ilmu Fisika.

Untuk menjadi sarjana fisika yang kompeten maka perkuliahan di Program Studi Fisika didesain untuk membentuk sarjana yang menguasai perangkat keilmuan fisika dan teknik-teknik eksperimen/observasi. Sekitar pertengahan awal waktu kuliah mahasiswa akan diarahkan untuk memahami perangkat utama keilmuan fisika (deskripsi kedaan dan interaksi) dan juga teknik-teknik experimental yang terkait dan dilanjutkan dengan kajian keilmuan dasar yang antara lain meliputi struktur materi, sistem alam dan gejala alam. Dengan bekal keilmuan seperti tersebut di atas, pada bagian akhir studinya, mahasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan bahan kajian fisikanya sesuai dengan bidang keminatan yang dikembangkan di Program Studi yaitu Fisika Medis.

Hormat Kami,

Yuniar Alam, S.Pd., M.Si.
Kepala Program Studi S1 Fisika FIE UNU BLITAR